G-Journal: Di Balik Masak-masak

 

Photo by Conscious Design


Jika kalian rutin cek blog ini, pasti tahu segmen Resep. Menu yang dipublikasi mudah dibuat. Sebenarnya, ada sesuatu yang tidak ditunjukkan.

 

 

(a) Resep makanan dan terlihat mudah padahal sebaliknya.

Ada beberapa menu makanan yang "gampang" tapi butuh ketelitian dan waktu yang tepat supaya hasilnya maksimal.

1. Terang Bulan

Bahan sudah lengkap, campurkan semuanya, tunggu sebentar, dan jadi. Momen masak di teflon ini jadi penentu akhir. Aku tunggu telfon hingga panas dan memasukkan adonan. Ini kesalahanku: 

- Teflon kurang panas;

- Terlalu cepat mengangkat lapisan di bagian pinggir teflon sampai bentuknya tidak rapi;

- Adonan di permukaan atas belum berlubang.

 

2. Crepes 

Seperti sebelumnya, hasil adonan di teflon tidak seperti Crepes pada umumnya. Ini mengapa terjadi:

- Teflon kurang panas. Seharusnya, aku menunggu lebih lama untuk memastikan teflon siap digunakan.

- Api kompor yang naik-turun. Tunggu teflon panas maksimal dalam mode api kecil itu lama. Aku menaikkan besar api dan langsung menuang adonan seukuran sendok sayur. Setelah diratakan sampai membentuk lapisan tipis, aku cepat-cepat turunkan api. Namun, masih ada gelembung di adonan.

 

 Apa yang aku pelajari dari kegagalan di atas? Tidak boleh meremehkan makanan yang kelihatannya ringan untuk dimasak.

 

 

(b) Beberapa bagian makanan tidak berhasil.

Kali ini membahas tentang Dorayaki dan Tamago Boro. Seperti biasa, aku unggah foto di awal tulisan untuk menunjukkan kalau aku sudah mencoba resep tersebut. Bisa kalian lihat, kue kesukaan Doraemon dengan lapisan kecoklatan beserta topping. Begitu juga dengan Tamago Boro. Itu versi yang lebih baik dari makanan yang tidak ku foto. 

Sekitar 2-3 buah Dorayaki dan 3 butir Tamago Boro yang tidak eksis di foto. Kondisi mereka setengah jadi...bahkan gosong (untuk Dorayaki).



Meskipun begitu, aku masih tertarik untuk mencoba resep lainnya.

Comments