G-Journal: Pekerjaan Rumah Tangga

Photo by english.eagetutor.com

 

Halo, semua~ Hari ini aku mau ceritain apa yang aku lakuin dalam rumah, khusus pekerjaan rumah tangga.

Aku bangun, buka jendela, dan sarapan. Setelah itu, aku kebas kasur dan nyapu. Ambil jemuran sebelum jam 12. Kenapa? Supaya bisa ambil baju kering dan jemur lagi yang basah. Bawa bak tentunya. Abis itu ke bawah untuk lipet. Setelah makan siang, aku ngecek jemuran. Kalo masih basah, aku tinggalin dulu. Kalo langitnya mendung, langsung turunin.

 

Air minum biasanya ditaruh di botol besar. Pas abis diisi ulang. Oya, ini air matang bukan dari dispenser. Saatnya makan siang~ Jangan lupa siapin bak mandi untuk nampung air panas. Letakkan selang di atasnya dan setel dalam keadaan on. Pakai pompa yang ada di dapur.

 

Papa dan adek datang. Bukain pintu. Tutup pagar. Nyalakan air panas. Pencet tombol kalo ada yang bilang "Matikan.". Setelah semuanya udah menggunakan peralatan makan, aku nyuci. Tempatnya di lantai, ada bak cuci. Balek ke dapur, taruh di etalase. Lap meja kalo ada sisa air atau noda.

 

Adek suka nyemil. Minta biskuit? Aku yang ambil. Mau minum susu? Aku yang buatin. Mau ambil minuman lainnya (seperti es blewah)? Keluarin mangkok besar, siapin gelas, tuang ke sana.

 

Sore tiba~ Aku mandi sekaligus isi air di mesin cuci. Setelah itu, manasin lauk berkuah. Ganti dengan wadah baru (kalo tinggal dikit taruh di tempat yang sama). Siap semua~ Makan semuanya. Cuci lagi. Kenapa nyuci abis mereka makan? Supaya gak ada tambahan piring/gelas kotor. Sekalian sikat semua. Bagi kalian yang sering nyuci piring, pasti ada momen greget dimana kita hampir selesai rampungkan semua tiba-tiba ada yang datang bawah piring/gelas yang baru terpakai. Buang air yang penuh dengan busa dan isi ulang pakai air dari selang sampai penuh dan matikan. Daripada bolak balek, aku tunggu sampe semua terpenuhi.

 

Kembali ke kamarku. Tutup jendela, nyamuk gak jadi menghampiri. Tutup korden di kamar dan ruang tamu. Nyalakan lampu teras jika udah petang. Matikan mesin cuci kalo udah selesai.


Sekian.

Comments