G-Journal: Tangan Kiri atau Kanan?

 

Photo by Lina Trochez


Orang-orang (gak semuanya, tapi sebagian besar) punya keingintahuan yang tinggi tentang kebiasaan penggunaan tanganku. Dari yang kenal sampai orang yang numpang lewat bereaksi yang berbeda-beda. Ada yang liatin terus, ada juga yang bisik-bisik "Kidal, kidal."


"Nulisnya pake tangan kiri ya?"

"Kalo makan gimana?"

"Maen keyboard lebih kuat tenaganya sebelah kiri?"

"Megang mouse tangan kiri?" 

Dan satu lagi:

"Cebok tetep kiri?"

 ....

 

Pernah ada momen dimana seseorang nyeletuk: "Nulis pake tangan kiri? Gak sopan. Hahaha." Aku balas dengan ketawa. Bingung mau jawab apa. ^^"


Aku akui, tangan kiri lebih sering digunakan waktu masa kanak-kanak. Hampir 99.9% (bukan 100% karena kesempurnaan hanya milik Tuhan) kiri. Makin berumur, makin sering belajar gunakan tangan kanan. Aku gak mau abaikan sisi satunya (karna diabaikan itu gak enak, saudara). Yang pertama, makan. Jempol, telunjuk, sama tengah nekan tubuh sendok. Pelan-pelan dulu gali nasi, terus angkat ke mulut. Hap! Selesai. 

 

Gak, bukan selesai ceritanya.


Lanjut ke pekerjaan rumah. Ambil jemuran. Buka pintu dulu, pakai tangan kanan. Bajunya ada yang digantung di tali sama jemuran besi. Dari tangan kiri yang ngambil baju, terus oper ke tangan kanan untuk ditaruh di bak. Tutup pintu, turun, lipet baju. Oya, nyetrika itu kalo ada acara penting H-1. Seragam, kemeja, rok, dll.... Untuk urusan panasin baju masih pake tangan kiri supaya lebih cepat. Pernah nyoba tangan non-dominan malah kelamaan. Tapi gak sampe kebakaran bajunya. Hehe.

 

Cuci piring, salah satu yang aku suka. Sabut jala di tangan kanan, kirinya megang piring dkk. Gosok, gosok, gosok. Cemplungin ke bak besar. Taruh di ember khusus nampung peralatan makan bersih. Bawa ke dapur, ditata. Balek lagi. Ulangi.


Untuk nyapu, aku pakai tangan kanan kok. Udah luwes sekarang. Kalo lagi pegel abis ngerjain aktivitas sebelumnya, aku tuker gagang sapu ke tangan kiri. Begitu juga dengan lap kaca dan isi ulang air minum (jadi, ada siklus pengambilan air matang: wadah seperti panci besar --> botol taperwer besar --> gelas). Setelah itu, mandi. Kalo ini, aku masih belajar. Berusaha angkat gayung dengan tangan kanan dulu.


Abis mandi, panasin makanan berkuah. Ambil panci, tuang makanan, nyalakan kompor, tunggu sampai mendidih. Megang gagang panci? Kanan.


Kalo megang mouse? Yang pasti pakai kanan. Udah dilakukan dari pertama kali berjumpa dengannya. Nulis? Aku mulai belajar. Miring-miring gitu hurufnya, terus belum rapi.

 

Intinya, aku masih berproses dalam penggunaan tangan kanan sampai detik ini. Entah ke depannya gimana hasilnya. Yang penting jalani aja.

Comments