Ini Tulisan tentang BTS

    Grup pop pria yang satu ini sudah dikenal jutaan orang di dunia. Kumpulan penggemarnya bernama ARMY. Yup, namanya BTS atau Bangtan Sonyeondan. Aku mulai menemukan mereka di tahun 2015. Pada saat itu, mereka mulai disorot program musik Korea Selatan. Sosok pertama yang aku kagumi itu Kim Tae Hyung (nama panggungnya V). Setelah itu, aku beralih ke Jeon Jung Kook (golden maknae). Tak lama kemudian, aku "pindah" ke Kim Nam Joon (RM, leader). Singkat cerita, aku memutuskan untuk OT7 stan. Apa maksudnya? Aku mengagumi ketujuh anggota BTS secara bersamaan. 


"Kok rakus sih?"

"Milih satu aja napa."

"Ah, paling kamu suka sama BTS karna mereka ganteng."

"Good looking mah selalu dibela."

 

Hush! Let me explain this.

Begini. Menurutku, setiap anggota di BTS itu berharga. Tidak ada satupun yang tidak berguna. Aku suka bukan karena visual saja, tapi talenta dan cinta yang tidak terhingga ke ARMY.

    Tanpa Kim Nam Joon (RM), BTS tidak bertahan sampai sekarang. Bagi yang lihat pidatonya BTS di MAMA 2018, kalian pasti tahu ini. Jin ungkapkan hal mengejutkan. "Sebenarnya, kita mau bubar di awal 2018 karena mengalami kondisi yang tidak stabil. Tapi, kita memutuskan untuk tetap bertahan sampai hari ini." Kurang lebih begitu intinya. Tak disangka, mereka yang kelihatan baik-baik saja di panggung justru mengalami krisis di momen tertentu. Selain itu, RM pernah punya impian untuk jadi soloist. Bang Shin Hyuk (biasa dipanggil Bang PD-nim) pernah tanya ke RM, "Kamu pilih solo karier atau BTS?" RM langsung jawab, "BTS." Iya, dia korbankan impian awalnya untuk mempertahankan Bangtan. RM terkenal dengan buat lagu sendiri bersama J-Hope dan Suga. Dia itu seperti batu pertama pada bangunan. Fun fact: Nam Joon adalah anggota BTS pertama yang dipilih langsung oleh Bang PD-nim.

    Tanpa Kim Seok Jin (Jin, worldwide handsome), tidak bakalan ada kakak tertua yang peduli dan selalu ramah. Meskipun adik-adiknya suka jahil, dia tetap menikmatinya. Beberapa orang menganggap Jin hanya mengandalkan wajah rupawannya. Padahal, dia jago akting (FYI Jin lulusan jurusan akting). Dia sering mengucapkan hal seperti "worldwide handsome" dan membuat dad jokes supaya anggota lainnya terhibur. Sebagai kakak, ia memperlakukan Jung Kook sebagai adiknya sendiri hingga Jung Kook nyaman di BTS.

    Tanpa Jung Ho Seok (J-Hope), tidak bakalan ada anggota yang rutin mengecek koreografi yang kurang tepat pada sesama anggota BTS. Selain itu, dia disebut uri sunshine, artinya dia selalu membawa suasana yang menggembirakan kepada BTS dan ARMY. Ciri khas ketawanya itu tepuk tangan sambil dorong orang di dekatnya. Benar-benar aktif sekali anaknya, Bund. :)) J-Hope juga buat mixtape sendiri, lho!

    Tanpa Min Yoon Gi (Suga), tidak bakalan ada anggota yang berinisiatif membuat musik sendiri. Suga sudah melakukan hal berikut: Mengarang lirik rap, aransemen, produser, kolaborasi dengan penyanyi lainnya (ada penyanyi Korea Selatan seperti IU dan luar negeri seperti MAX).

    Tanpa Park Jimin (Jimin), Kim Tae Hyung (V), dan Jeon Jung Kook (Jung Kook), tidak ada anggota yang menghidupkan suasana. Tangisan Jung Kook buat J-Hope kembali ke BTS sebelum pertunjukan debut. Baru-baru ini, V jadi visual director untuk photoshoot album BE)dan proses perekaman MV Life Goes On diurus Jung Kook. Selain itu, maknae line (golongan anggota dengan usia yang lebih muda dari nama yang aku sebut di atas) ini membuat lagu sendiri. Jimin pernah membuat lagu berjudul Promise bersama RM. Jung Kook dengan lagu terbarunya, Still with You. V dengan lagu Winter Bear.


Bangtan, you did well today. Stay safe and healthy. Be together until the end. Borahae~

Comments